Bagaimana Jika Tepung Terigu Protein Sedang, Rendah, dan Tinggi Digunakan Tidak Sesuai Fungsinya?

Saya sudah membahas mengenai fungsi dari tepung terigu protein sedang, rendah, dan juga tinggi di artikel sebelumnya.

Jika kamu belum tau apa fungsi dari tepung terigu protein sedang, rendah, dan juga tinggi tersebut, kamu bisa baca langsung di artikel “Fungsi dari Tepung Terigu Protein Sedang, Rendah, dan Tinggi”
tepung terigu protein sedang, rendah, dan tinggi

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana jika tepung terigu protein sedang, rendah, dan tinggi tersebut digunakan tidak sesuai dengan fungsinya.

Efek Tepung Terigu Protein Sedang Digunakan Sebagai Bahan Cake, Kue Kering, Roti, dan Mie Basah


Tepung terigu protein sedang memang hampir bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Tepung terigu jenis protein sedang ini bisa digunakan sebagai bahan utama cake, kue kering, roti, mie basah, dan bahkan untuk adonan gorengan.

Namun demikian, karena kandungan protein di dalamnya tergolong sedang, maka ketika digunakan sebagai bahan utama roti dan mie basah hasilnya kurang maksimal.

Roti atau mie basah yang dibuat menggunakan tepung terigu protein sedang tidak akan memiliki tekstur yang kenyal. Berbeda dengan roti atau mie basah yang dibuat menggunakan bahan dasar tepung terigu protein tinggi.

Efek Tepung Terigu Protein Rendah Digunakan Sebagai Bahan Roti, Mie Basah, dan Adonan Gorengan


Fungsi utama dari tepung terigu protein rendah adalah untuk bahan dasar cake dan juga kue kering. Namun bagaimana jika tepung terigu jenis ini digunakan untuk fungsi lain?

Ketika digunakan sebagai bahan dasar roti atau mie basah, jelas roti dan mie basah tidak akan memiliki tekstur yang kenyal. Kemungkinan besar roti atau mie basah yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung terigu protein rendah ini akan gagal karena tepung terigu ini tidak bisa membuat roti dan mie basah mempunyai struktur yang kuat.

Efek Tepung Terigu Protein Tinggi Digunakan Sebagai Bahan Cake, Kue Kering, dan Adonan Gorengan


Tepung terigu protein tinggi memang dibuat sebagai bahan utama roti dan juga mie basah. Bagaimana jika tepung terigu ini digunakan sebagai bahan dasar cake, kue kering, ataupun adonan gorengan?

Jika tepung terigu protein tinggi digunakan sebagai bahan dasar cake atau kue kering, maka cake dan kue kering akan memiliki tekstur yang lebih keras dari biasanya.

Sedangkan jika digunakan sebagai bahan adonan gorengan, hasil jadinya cukup keras. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan protein di dalam tepung akan semakin padat ketika digoreng.

Karena itu, tepung terigu protein tinggi sangat tidak disarankan untuk digunakan sebagai bahan adonan gorengan.

Baca juga:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url