Fungsi dari Tepung Terigu Protein Sedang, Rendah, dan Tinggi

tepung terigu protein sedang, rendah, dan tinggi
Sudah tau belum kenapa ada tepung terigu protein sedang, protein rendah, dan juga protein tinggi? Apakah ketiga macam tepung terigu tersebut berbeda fungsinya?

Ya, tepung terigu yang terbuat dari gandum memang dibagi menjadi tepung terigu protein sedang, protein rendah dan juga protein tinggi. Masing-masing jenis tepung terigu tersebut memiliki fungsi sendiri.

Ada tepung terigu yang cocok digunakan sebagai bahan membuat kue, ada yang memang dibuat untuk bahan roti, dan ada juga yang digunakan sebagai bahan pastry.

Masalahnya, belum banyak yang tau masalah mana jenis tepung terigu yang digunakan untuk bahan roti, mana yang digunakan untuk bahan kue, dan mana yang digunakan sebagai bahan pastry.

Kamu juga belum tau tentang fungsi dari masing-masing tepung terigu protein sedang, protein rendah, dan juga protein tinggi tersebut?

Secara garis besar, memang perbedaan utama dari tepung terigu protein sedang, rendah, dan juga protein tinggi terletak pada kadar protein di dalam tepung terigu.

Namun berapa pastinya kadar protein dari masing-masing tepung terigu tersebut? Berikut ini penjelasan singkatnya:

Tepung Terigu Protein Sedang


Tepung terigu protein sedang biasanya memiliki kandungan protein sebanyak 9% sampai 10%. Karena memiliki kadar protein yang tergolong sedang, maka tepung terigu ini hampir bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Tepung Terigu Protein Rendah


Tepung terigu protein rendah umumnya memiliki kandungan protein sebanyak 7% sampai 8% saja. Karena kandungan proteinnya sangat rendah, jenis tepung terigu ini lebih sering digunakan sebagai bahan adonan gorengan.

Tepung Terigu Protein Tinggi


Tepung terigu protein tinggi memiliki kandungan protein lebih dari 10%. Tepung terigu yang memiliki kadar protein tinggi ini sangat cocok digunakan untuk bahan roti dan juga bisa digunakan sebagai bahan kue.

Lalu apa akibatnya jika sampai kamu menggunakan tepung terigu protein sedang sebagai bahan adonan gorengan? Bagaimana jika tepung protein tinggi rendah digunakan sebagai bahan adonan kue atau roti? Baca selengkapnya artikel “Bagaimana Jika Tepung Terigu Protein Sedang, Rendah, dan Tinggi Digunakan Tidak Sesuai Fungsinya?”

Baca juga:

Referensi: thekitchn & joythebaker


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url