Tips Membuat Topping Pizza Sederhana yang Lezat

topping pizza sederhanaSudah paham mengenai bagaimana cara membuat roti pizza rumahan yang lembut, sekarang saatnya kamu mempelajari tips membuat topping pizza sederhana yang lezat.

Belum tau cara membuat roti pizza rumahan sederhana yang lembut? Saran saya, baca dulu 3 bagian artikel berikut ini:





Jika kamu sudah paham cara membuat roti pizza rumahan sederhana yang lembut, mari mulai belajar bagaimana membuat topping pizza yang lezat.

Topping Pizza Sederhana yang Lezat Bisa dari “Apa Saja


Sebenarnya tidak ada bahan topping pizza khusus. Hampir semua macam bahan bisa digunakan sebagai topping pizza rumahan yang lezat.

“Bahan makanan apapun bisa digunakan sebagai topping pizza”


Kamu bisa menggunakan sosis, daging ham, daging asap, tuna, jagung manis, jamur hitam, nanas, paprika, dan masih banyak bahan lainnya sebagai bahan topping pizzamu.

Bahan Topping Pizza Wajib


Meskipun semua bahan bisa digunakan sebagai topping pizza rumahan, tapi ada juga beberapa bahan yang wajib ada di bagian atas roti pizzamu.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang wajib kamu taburkan sebagai topping pizza:

  • Keju mozzarella
  • Oregano
  • Basil

Ya, tanpa kehadiran tiga bahan tersebut, dijamin aroma dan rasa pizzamu akan datar-datar saja. Lalu apakah ketiga bahan tersebut digantikan dengan bahan lain? Oregano dan basil sudah tidak bisa digantikan karena kedua dried herbs tersebut adalah pencipta aroma pizza.

Namun untuk keju mozzarella bisa digantikan dengan keju yang bisa meleleh seperti misalnya quick melt dari Kraft.

Tips Menggunakan Topping Tertentu Pada Pizza


Semua bahan bisa dijadikan topping pizza rumahan, tapi ada beberapa bahan yang perlu perlakuan khusus sebelum bisa digunakan sebagai topping pizza.

Bahan-bahan yang perlu perlakuan khusus adalah bahan-bahan yang memiliki kadar air cukup tinggi, contohnya seperti jamur, jagung manis, tomat, dll.

Sebelum menggunakan bahan-bahan berkadar air tinggi tersebut sebagai topping pizza, ada baiknya kurangi kadar airnya.

Kenapa harus repot-repot mengurangi kadar air pada bahan topping pizza?

Resiko Menggunakan Bahan Berkadar Air Tinggi Sebagai Topping Pizza Rumahan


Jika kamu sudah membaca tips membuat pizza rumahan yang lembut bagian 2, kamu pasti tau kenapa saya sarankan untuk tidak mengurangi kadar air pada bahan topping pizzamu.

Menggunakan bahan berkadar air tinggi sebagai topping pizza akan menyebabkan adonan pizzamu menjadi terlalu basah, atau bahas kerennya “soggy”.

Lalu apa efeknya jika adonan pizzamu tergolong “soggy”?

Adonan pizza yang terlalu tinggi kadar airnya tidak akan mengembang sempurna, atau bahkan bisa tidak mengembang sama sekali ketika dipanggang.

Roti pizza yang sudah dipanggang juga terasa terlalu berair ketika dimakan.

Kemungkinan terburuk dari menggunakan bahan berkadar air tinggi sebagai topping pizza adalah adonan pizza tidak matang meskipun sudah dipanggang dalam waktu lama dan suhu tinggi.


Jadi, meskipun semua bahan bisa digunakan sebagai topping pizza sederhana, tapi pastikan kurangi kadar airnya ya. 

Baca juga:


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url