Tips Membuat Pizza Rumahan Sederhana yang Lembut (Bag 3)

Saya sudah membahas mengenai beberapa tips membuat pizza rumahan sederhana yang lembut dari faktor menyiapkan bahan sampai menguleni adonan pizza. Bagi yang belum membacanya, saya sarankan baca terlebih dahulu artikel tersebut sebelum membaca artikel bagian 3 ini.

tips membuat pizza rumahan"Tips Membuat Pizza Rumahan Sederhana yang Lembut (bag 1)"

"Tips Membuat Pizza RumahanSederhana yang Lembut (bag 2)"


Tips membuat pizza rumahan sederhana yang lembut bagian 3 ini akan lebih membahas mengenai cara memanggang adonan pizza. Proses pemanggangan adalah proses terakhir yang juga mempengaruhi berhasil tidaknya kamu membuat pizza rumahan yang lembut.

Jika kamu sudah menyiapkan bahan dengan teliti, mencampur semua bahan sesuai dengan aturan yang benar, maka tahap selanjutnya yang juga tidak boleh diremehkan adalah tahap pemanggangan.

“Proses pemanggangan adonan pizza adalah proses akhir yang juga mempengaruhi lembut tidaknya roti pizza”


Berapa Lama Waktu Memanggang Adonan Pizza Agar Lembut dan Berwarna Kecoklatan?


Saat pertama kali mencoba membuat pizza rumahan, saya kesulitan dalam memanggang adonannya. Hasilnya cukup mengecewakan karena warna roti pizza tidak menarik alias “putih pucet”.

Bukan hanya itu saja, roti pizza rumahan pertama saya juga sangat keras. Padahal saya sudah mengikuti resep dengan benar.

Lalu apa masalahnya? Ternyata, masalahnya adalah pada proses pemanggangan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan memanggang adonan pizza. Berikut ini faktor-faktor penting yang sangat mempengaruhi roti pizza setelah dipanggang:

  • Alat yang digunakan untuk memanggang adonan pizza.
  • Lama waktu dan suhu memanggang adonan pizza. 

Jadi jika ditanya, berapa lama sebaiknya saya memanggang adonan pizza? Saya cermati terlebih dahulu kedua faktor tersebut.

Lama Waktu Memanggang Adonan Pizza Rumahan Dilihat dari Faktor-Faktor Khusus


Ada yang hanya membutuhkan waktu memanggang yang lebih cepat untuk menghasilkan roti pizza rumahan yang lembut, namun ada juga yang membutuhkan waktu sangat lama.

Semua itu dipengaruhi dari faktor-faktor yang sudah saya sebutkan, lebih detailnya akan saya jabarkan.

·         Memanggang adonan pizza menggunakan oven


Memanggang adonan pizza dengan menggunakan oven jauh lebih cepat karena memang alat yang digunakan sudah sesuai. Namun ada perbedaan waktu juga ketika kamu memanggang menggunakan oven gas dan oven tangkring atau otang.

Jika kamu menggunakan oven gas, biasanya adonan pizza sudah matang, mengembang, dan mulai berubah warna kecoklatan dalam waktu kurang lebih 15 menit dengan suhu kurang lebih 150 derajat celcius.

Namun jika menggunakan otang atau oven tangkring, waktu yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan roti pizza yang lembut dan berwarna kecoklatan kurang lebih 20 menit sampai 30 menit dengan suhu 150 derajat celcius.

Itupun dibutuhkan teknik khusus seperti memutar loyang dan juga memindahkan loyang dari rak tengah ke rak bagian atas jika kamu memanggang adonan pizza menggunakan otang.

·         Memanggang adonan pizza menggunakan teflon


Pizza rumahan yang lembut tidak hanya bisa dibuat menggunakan oven saja, kamu memang juga bisa menggunakan teflon.

Namun ada cara tersendiri untuk bisa menghasilkan roti pizza yang lembut dan berwarna kecoklatan jika kamu memanggangnya menggunakan teflon yaitu dengan cara menggunakan api kecil dan menggunakan penutup pada teflon.

Kenapa harus menggunakan api kecil? Karena jika menggunakan api besar, kemungkinan besar adonan pizza akan lebih cepat gosong dan roti pizza tidak akan lembut.

Kenapa harus menggunakan penutup pada teflon? Karena jika tidak menggunakan penutup, roti pizza yang dihasilkan akan tampak putih pucat seperti yang pernah saya alami.

Menggunakan penutup pada teflon adalah cara untuk membuat bagian atas adonan pizza berubah warna menjadi kecoklatan.

Mungkin kamu belum bisa berhasil pada percobaan pertama membuat pizza rumahan yang lembut. Namun jangan putus asa, coba lagi dan lagi. Semakin sering kamu mencoba, kamu pasti bisa membuat roti pizza rumahan yang lembut seperti pizza dari Pizza Hut dan Paparon`s.

Baca juga:

“Tips Membuat Topping Pizza Sederhana yang Lezat” (Coming Soon)



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url