Tips Membuat Pizza Rumahan Sederhana yang Lembut (Bag 2)

tips membuat pizza rumahanSaya sudah membahas mengenai cara membuat pizza rumahan sederhana yang lembut, khususnya dari faktor bahan di artikel sebelumnya. Bagi yang belum membaca bagian 1, sebaiknya baca dulu sebelum membaca artikel bagian kedua ini.



"Tips MembuatPizza Rumahan Sederhana yang Lembut (bag 1)"


Pada artikel ini, saya akan membahas kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu mengenai berapa lama waktu dan cara mencampur bahan-bahan adonan pizza agar nantinya dihasilkan roti pizza yang lembut setelah dipanggang.

Memahami Sifat dari Masing-Masing Bahan Adonan Pizza


Untuk membuat pizza rumahan sederhana tapi lembut, kamu perlu tau dulu tentang sifat-sifat dari masing-masing adonan di dalam resep pizza rumahan.

Tampaknya ribet ya?

Ya, memang harus seperti ini jika kamu memang ingin bisa membuat roti pizza rumahan yang lembut. Jika sudah berniat, lebih baik sekalian totalitas saja.

Ok, lanjut ke pembahasannya.

Ada beberapa bahan adonan pizza yang tidak boleh dicampur bersamaan. Bahan-bahan yang tidak bisa disatukan secara langsung tersebut adalah ragi instan dan garam.

Kenapa?

Garam memiliki kandungan yang dapat mematikan ragi instan. Jika dicampur bersamaan, dijamin roti pizza yang kamu buat tidak akan sempurna.

Urutan Mencampur Bahan-Bahan Adonan Pizza


Hal ini sebenarnya sudah dijelaskan secara lengkap di resep pizza rumahan yang sudah saya posting di sini. Namun tidak ada salahnya untuk diulang lagi agar kamu lebih paham.

  • Campurkan ragi instan dengan air hangat (suam-suam kuku).
  • Tambahkan gula kedalam ragi instan.
  • Diamkan larutan ragi instan beberapa saat sampai mengembang 2 kali lipat dari permulaan.
  • Tuangkan larutan ragi instan kedalam tepung yang sudah diayak.
  • Aduk adonan tepung sambil ditambahkan dengan sisa air hangat.
  • Setelah tepung terigu dan larutan ragi instan tercampur rata, mulai tambahkan minyak.
  • Aduk kembali sampai tercampur rata.
  • Terakhir, tambahkan garam secukupnya kedalam adonan dan aduk kembali sampai benar-benar kalis.

“Takaran dan urutan mencampur bahan adonan pizza sangat mempengaruhi keberhasilan membuat pizza rumahan yang lembut”

 

Berapa Lama Waktu Mencampur Adonan (Uleni) Pizza Rumahan?


Masalah waktu mencampur atau menguleni adonan pizza rumahan sangat relatif sekali. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi lama waktu mencampur adonan ini.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya waktu yang dibutuhkan untuk menguleni adonan pizza rumahan adalah:

  • Temperatur ruangan saat kamu menguleni adonan.
  • Teknik ulenan yang digunakan.
  • Tenaga yang digunakan selama menguleni adonan pizza.

Lama Waktu Menguleni Dilihat dari Faktor-Faktor Khusus


Karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi lama atau cepatnya waktu yang dibutuhkan untuk menguleni adonan pizza rumahan, saya akan jelaskan faktor-faktor tersebut satu per satu.

·         Jika temperatur ruangan rendah:


Jika saat menguleni adonan pizza rumahan ternyata temperatur ruangan cukup rendah, maka kamu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Kenapa? Karena ragi instan bekerja sangat lambat pada suhu rendah.

·         Jika temperatur ruangan tinggi:


Jika temperatur ruangan saat membuat adonan pizza cukup tinggi (biasanya saat cuaca cukup panas), maka waktu yang dibutuhkan untuk menguleni adonan kurang lebih 30 menit.

·         Jika teknik ulenan dan tenaga yang digunakan tepat:


Proses mencampur bahan adonan pizza rumahan juga akan semakin cepat jika kamu sudah mahir menguleni adonan. Selain itu, tenaga saat menguleni juga sangat mempengaruhi waktu yang kamu butuhkan.

Saya sarankan gunakan teknik menguleni adonan pizza yang menggunakan berat badan. Uleni adonan pizza di atas meja yang lebih rendah dari posisi kamu saat berdiri.

Teknik menguleni adonan yang menggunakan berat badan ini tidak hanya mengurangi rasa lelah di pundak, namun juga sangat efektif untuk membuat adonan mampu mengembang sempurna.

Setelah mengetahui bagaimana cara menguleni adonan pizza rumahan, kamu hanya perlu mempelajari bagaimana cara memanggang adonan pizza yang benar untuk bisa membuat pizza rumahan sederhana yang lembut.

Baca juga:

"Tips Membuat Topping Pizza Sederhana yang Lezat"




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url